14430844 Simulasi Monte Carlo (1)

download 14430844 Simulasi Monte Carlo (1)

of 17

Transcript of 14430844 Simulasi Monte Carlo (1)

Beberapa Contoh Penerapan Simulasi Monte Carlo

Materi 4

Simulasi

12/02/2011

Toha Saifudin, S.Si., M.Si.

SIMULASI MONTE CARLO Simulasi Monte Carlo dikenal juga dengan istilah Sampling Simulation atau Monte Carlo Sampling Technique. Simulasi Monte Carlo melakukan Sampling dari data sampel yang sudah diketahui atau diperkirakan distribusinya.

CONTOH :Membangkitkan 100 buah data (sampel berukuran n=100) dari data yang distribusinya diketahui seperti pd tabel di samping. Membangkitkan 1000 buah data (sampel berukuran n=1000) dari X yang berdistribusi Uniform [a,b]. x 0 1 2 P(x) 0.30 0.50 0.20

Sumber : Kakiay, T. J., 2004, Pengantar Sistem Simulasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Contoh 1. Ilustrasi Monte CarloSebuah toko electronic memperkirakan permintaan laptop perharinya menurut suatu pola distribusi seperti pada Tabel 1.1. Pengusaha toko ingin memperkirakan pola permintaan untuk 10 hari dalam bulan berikutnya.

PenyelesaianMembuat distribusi probabilitas dan CDF

Memberi tag number (angka penunjuk batasan)

Melakukan penarikan bilangan random uniform(0,1) sebanyak 10 kali dan membulatkannya sampai 2 digit desimal

Mencocokkan bilangan random yang dibulatkan tersebut dengan tag number pada tabel 1.3

Contoh 2. Produksi suku cadangPada suatu pabrik diproduksi suatu barang yang disebut part C Barang ini dibuat dari gabungan dua - . bagian yang lain, yaitu part- A dan part- B yang dibeli dari supplier. Ini berarti panjang part C merupakan jumlahan panjang part- A dengan part B. Panjang barang part Adan part Bbervariasi, yang dapat disusun dalam suatu distribusi probabilitas pada tabel 2.1. Dari data dan persoalan ini akan dicari dan ditentukan estimasi dari rata rata dan varians atau simpangan . baku dari panjang part- C

Penyelesaian

Contoh

Perhitungan

DiskusiBuatlah algoritma untuk melakukan simulasi dan mengitung mean dan varians pada contoh 1. Buatlah algoritma untuk melakukan simulasi dan mengitung mean dan varians pada contoh 2.

Thank you for your attention.