PERANCANGAN SISTEM INFORMASI “E-COMMERCE ASTRONOMI ...

Click here to load reader

  • date post

    18-Oct-2021
  • Category

    Documents

  • view

    1
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PERANCANGAN SISTEM INFORMASI “E-COMMERCE ASTRONOMI ...

470
Tri Hartati1, Suryanto2, Hafdiarsya Saiyar3
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Bina Sarana Informatika
Program Studi Teknologi Komputer, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika Jl. Kamal Raya No.18, Ring Road Barat, Cengkareng
Email: [email protected], Email: [email protected], Email: [email protected]
Abstrak. Pada era millenial saat ini, internet atau teknologi informasi sudah sangat tidak asing lagi dan perkembangannya mengalami kemajuan yang sangat pesat baik di dunia informasi bisnis maupun hiburan sehingga informasi apapun yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dengan mudah dengan memanfaatkan internet. Demikian halnya dengan perdagangan yang awalnya menggunakan sistem offline dengan mendatangi lokasi tempat toko tersebut berada, sekarang bisa digapai melalui internet atau yang biasa disebut perdagangan online via internet (e-commerce). Toko Astronomi yang bergerak dalam bidang retail saat ini menjual aksesoris dan souvenir serta barang penunjang pengamatan astronomi masih menggunakan cara offline sehingga penulis merasa perlu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perdagangan toko Astronomi tersebut dengan membuat website. Dengan adanya sistem informasi berbasis web ini pastinya akan membantu meningkatkan penjualan pada toko Astronomi itu sendiri. Selain itu diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang astronomi yang terdapat pada Toko Astronomi tanpa harus datang ke toko Astronomi. Dalam perancangan sistem informasi berbasis website ini penulis menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall dengan langkah awal yaitu menganalisis apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan website tersebut. Penulis juga akan mendesain, membuat program dan melakukan pengujian, agar website tersebut dapat menjalankan fungsinya sebagai sistem informasi e-commerce pada Toko Astronomi sesuai dengan apa yang telah diharapkan oleh penulis dan pemilik toko Astronomi.
Kata kunci: Sistem Informasi, Website, E-commerce
Abstract. In the current millennial era, internet or information technology is very familiar and its development has progressed very rapidly both in the world of business and entertainment information so that whatever information we need we can get easily by utilizing the internet. Likewise with trade which initially uses an offline system by visiting the location where the store is located, it can now be reached via the internet or commonly called online trading via the internet (ecommerce). The Astronomy Store which is engaged in the retail sector currently sells accessories and souvenirs as well as astronomical observation items still using offline methods so that the authors feel the need to improve the quality and quantity of the Astronomy store trade by creating a website. The existence of this web-based information system will certainly help increase sales at the Astronomy store itself. In addition, it is expected to facilitate consumers to get astronomical items contained in the Astronomy Store without having to come to the Astronomy store. In designing this website-based information system the author uses the waterfall software development method with the initial step of analyzing what is needed in the process of making the website. The author will also design, making the program and test, so that the
471
website can function as an e-commerce information system in the Astronomy Store according to what Astronomy writers and shop owners have expected.
Keywords: Information Systems, Website, E-commerce
1. PENDAHULUAN
Dalam dunia bisnis perdagangan, penggunaan internet sangat menunjang peningkatan jumlah transaksi sehingga berdampat kemajuan bagi perusahaan tersebut. Dampak yang signifikan adalah konsumen dapat membeli barang secara online hanya dengan melihat melalui layar komputer atau layar handphone mereka sendiri. Sedangkan bagi para pedagang, mereka dapat memperkenalkan produk yang dijual dan memperluas area pemasaran produk tersebut sehingga transaksi yang diharapkan dapat meningkat.
Toko Astronomi merupakan usaha retail yang memiliki target pasar untuk orang-orang yang memiliki ketertarikan pada bidang keilmuan astronomi atau sekedar memiliki hobi memandangi langit beserta benda langit lainnya. Saat ini Toko Astronomi masih menjual barang dagangannya pada seminar-seminar yang diadakan oleh sebuah komunitas astronomi yang ada di Jakarta. Maka dari itu penulis bermaksud untuk membuatkan aplikasi berbasis web untuk menjangkau área pemasaran yang lebih luas lagi.
Identifikasi Masalah
1. Kuantitas transaksi yang terjadi pada toko Astronomi relatif sedikit dikarenakan banyak para penggemar ilmu perbintangan belum memiliki edukasi yang cukup tentang spesifikasi, manfaat dan cara penggunaan peralatan astronomi untuk mengamati benda-benda angkasa.
2. Pemasaran produk yang memiliki jangkauan ruang dan waktu yang terbatas bagi para penggemar ilmu perbintangan dikarenakan metode yang digunakan hanya melalui seminar yang diadakan suatu kelompok astronomi atau melalui chat pribadi.
3. Pembuatan laporan yang hanya dilakukan setelah transaksi terakumulasi cukup banyak.
Pemecahan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah yang terjadi pada toko Astronomi, maka penulis mencoba merumuskan solusi terhadap masalah yang dihadapi dengan melakukan perancangan sistem informasi berbasis web untuk meningkatkan kuantitas dan pemasaran produk pada transaksi penjualan yang terjadi pada toko Astronomi menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall.
2. LANDASAN TEORI
Konsep Dasar Website
Menurut Arief dalam (Fridayanthie & Mahdiati, 2016), website adalah kumpulan dari halaman web yang sudah dipublikasikan di jaringan internet dan memiliki domain/URL (Uniform Resource Locator) yang dapat diakses semua pengguna internet dengan cara mengetikan alamatnya.
Situs web (website) yang dapat diakses publik di internet disebut sebagai World Wide Web atau yang lebih dikenal dengan singkatan WWW. Menurut Kustiyahningsih, Anamisa, dalam (Fridayanthie & Mahdiati, 2016), Jenis website dapat dikategorikan menjadi dua yaitu web statis dan web dinamis. Web Statis adalah web yang menampilkan informasi yang sifatnya statis (tetap). Disebut statis karena pengguna tidak dapat
Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jakarta 17 Juli 2019
472
E-Commerce
Menurut Siregar dalam (Irmawati, 2011) Electronic Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer. e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga kolaborasi mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lainnya. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-commerce ini.
3. METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian pengembangan perangkat lunak ini, penulis menggunakan model waterfall. Menurut Rosa A.S dan M. Shalahuddin, dalam (Nurdin & Darwati, 2017), model waterfall adalah model SDLC (Software Development Life Cycle) yang paling sederhana. Model ini hanya cocok untuk pengembangan perangkat lunak dengan spesifikasi yang tidak berubah-ubah. Tahapan metodologi adalah sebagai berikut:
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Dalam tahapan analisa kebutuhan program penulis membagi kebutuhan menjadi dua bagian yaitu kebutuhan fungsional dan kebutuhan non fungsional. Kebutuhan fungsional meliputi analisa kebutuhan dari sisi user dan sistem, sedangkan kebutuhan non fungsional penulis menganalisa kebutuhan perangkat computer serta jaringan computer yang diperlukan dalam pengembangan dan pengoperasian (implementasi).
Desain
Setelah tahapan analisis kebutuhan sistem, selanjutnya penulis melakukan desain terhadap sistem dengan membuat tools sistem dan tools program. Tools sistem terdiri dari ERD (Entity Relationship Diagram) dan LRS (Logical Record Structure), sedangkan tools program penulis membuat struktur navigasi.
Pembuatan Kode Program
Pada tahapan pembuatan kode program, penulis mentranslasikan tools sistem dan tools program kedalam bahasa pemrograman secara terstuktur. Bahasa pemrograman yang akan penulis gunakan adalah PHP dan html dengan Adobe Dreamweaver CS6 sebagai aplikasi desain dan pengembangan web.
Pengujian
Pada tahapan ini penulis melakukan pengujian menggunakan metode pengujian Black Box pada perangkat lunak sehingga diketahui apakah sistem dapat berfungsi maksimal dan memastikan semua bagian sudah teruji dan bebas dari kesalahan program. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan (error) dan hasil yang keluar diharapkan sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.
Implementasi
4. HASIL DAN PEMBAHASAN
Tinjauan Perusahaan
Sejak Planetarium dan Observatorium Jakarta resmi dibuka untuk umum pada 1 Maret 1969, animo masyarakat, terutama Jakarta, terhadap astronomi mulai tumbuh. Selang 1 dekade kemudian, penikmat astronomi semakin banyak. Kebanyakan diantara mereka merasa kurang akan materi yang disampaikan pada pertunjukkan Planetarium. Melihat fenomena tersebut, Kepala Planetarium Jakarta saat itu, Drs. Darsa Sukartadireja, mencoba untuk mengakomodir minat mereka dengan memprakasai sebuah klub astronomi amatir bernama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), dimana beliau menjabat sebagai pembinanya. HAAJ sendiri resmi berdiri pada 21 April 1984 dan beralamat di Planetarium dan Observatorium Jakarta. HAAJ
Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jakarta 17 Juli 2019
473
saat ini sudah memiliki anggota lebih dari seratus orang dan akan terus bertambah. Sehingga banyak yang berkeinginan memiliki instrumen atau souvenir yang bertemakan astronomi. Dari hal tersebut terbentuklah Toko Astronomi yang menjual barang-barang yang berhubungan dengan astronomi.
Struktur organisasi dari HAAJ (Himpunan Astronomi Amatir Jakarta) adalah sebagai berikut:
Gambar 1. Struktur Organisasi HAAJ
Analisa Kebutuhan Fungsional
Analisa kebutuhan fungsional yang penulis lakukan dalam program web ini terdiri dari analisa kebutuhan user (admin, pengujung, member) dan analisa kebutuhan sistem. 1. Analisa Kebutuhan User
a. Kebutuhan Admin 1) Melakukan login. 2) Mengelola data admin, data produk, data kategori, data member dan data ongkos kirim. 3) Mengelola data transaksi yaitu data order dan data konfirmasi. 4) Melihat tampilan laporan dan dapat mencetaknya. 5) Melakukan logout.
b. Kebutuhan Pengunjung 1) Pengunjung dapat melihat foto produk, profil toko, cara beli, dan kategori produk. 2) Pengunjung dapat melakukan registrasi untuk menjadi member.
c. Kebutuhan Member 1) Melakukan login. 2) Melihat profil, produk, cara beli, kategori dan data pengiriman. 3) Melakukan pemesanan barang. 4) Melakukan konfirmasi pembayaran. 5) Mengetahui data pengiriman. 6) Melakukan logout.
2. Analisa Kebutuhan Sistem a. Sistem melakukan validasi username dan password yang dimasukkan oleh admin atau member ke
dalam database. b. Setelah login berhasil sistem akan menampilkan beranda admin atau beranda member. c. Sistem menerima masukan data admin, data kategori, data produk, data member, dan data kota
dari admin kemudian menyimpannya ke dalam database. d. Sistem menerima masukkan data transaksi seperti data pemesanan member dan data konfirmasi
kemudian menyimpannya ke dalam database. e. Sistem mengelola dan menampilkan laporan serta melakukan proses pencetakan laporan. f. Sistem menerima input data registrasi dari pengunjung kemudian menyimpannya kedalam
database.
474
Pembuatan Code Program dan Pengujian
Dalam pembuatan kode program dan pengujian berdasarkan struktur navigasi yang penulis buat. Berikut adalah struktur navigasi dari admin, pengunjung dan member.
Gambar 3. Struktur Navigasi Admin
Gambar 4. Struktur Navigasi Pengunjung
Gambar 5. Struktur Navigasi Member
Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jakarta 17 Juli 2019
475
Dalam pengujian program, penulis menggunakan metode black box testing yang dapat dilihat pada table berikut.
Tabel 1. Pengujian Black Box Testing Halaman Login
No. Skenario pengujian
Hasil pengujian
1. Username dan password tidak diisi kemudian klik tombol login
Username: (kosong) Password: (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan username”
Sesuai harapan
Valid
2. Mengetikkan username dan password tidak diisi atau kosong kemudian klik tombol login
Username:isi(benar) Password: (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan password”
Sesuai harapan
Valid
3. Username tidak diisi (kosong) dan password diisi kemudian klik tombol login
Username: (kosong) Password:isi(benar)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan username”
Sesuai harapan
Valid
4. Mengetikkan salah satu kondisi salah pada username atau password kemudian klik tombol login
Username:isi(benar) Password:isi(salah)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Username atau password Anda tidak benar”.
Sesuai harapan
Valid
5.
Mengetikkan username dan password dengan data yang benar kemudian klik tombol login
Username:isi(benar) Password:isi(benar)
Sistem menerima akses login dan kemudian langsung menampilkan menu utama.
Sesuai harapan
No. Skenario pengujian Test case Hasil yang diharapkan
Hasil pengujian
1. Semua kolom input tidak diisi kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap: (kosong) Password : (kosong) Alamat Pengiriman: (kosong) Telepon : (kosong) Email : (kosong) Kota Tujuan: (kosong) Captcha : (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan nama”
Sesuai harapan
Nama Lengkap : isi Password : (kosong)
Sistem akan menolak akses
476
Hasil pengujian
user dan menampilkan “Anda belum mengisikan password”
3. Hanya mengisi kolom nama dan Password saja kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap: Isi Password: Isi Alamat Pengiriman: (kosong) Telepon: (kosong) Email : (kosong) Kota Tujuan: (kosong) Captcha : (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan Alamat Pengiriman”
Sesuai harapan
Valid
4. Hanya mengisi kolom nama lengkap, Password, alamat, kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap: Isi Password : Isi Alamat Pengiriman: Isi Telepon: (kosong) Email : (kosong) Kota Tujuan: (kosong) Captcha : (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan Telepon”.
Sesuai harapan
Valid
5. Hanya mengisi kolom nama lengkap, Password, alamat, telepon, email kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap : Isi Password : Isi Alamat Pengiriman : Isi Telepon : Isi Email: Isi Kota Tujuan: (kosong) Captcha : (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan kota tujuan”.
Sesuai harapan
Valid
6. Hanya mengisi kolom nama lengkap, alamat, telepon, email dan kota tujuan kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap : Isi Password : Isi Alamat Pengiriman: Isi Telepon: Isi Email: Isi Kota Tujuan : Isi Kode Captcha : (kosong)
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Anda belum mengisikan kode captcha”.
Sesuai harapan
Valid
7. Hanya mengisi kolom nama lengkap, alamat, telepon, email, kota tujuan dan kode namun password (kosong) kemudian klik tombol daftar
Nama Lengkap : Isi Password : (kosong) Alamat Pengiriman: Isi Telpon : Isi Email: Isi Kota Tujuan: Isi Kode Captcha: Isi
Sistem akan menolak akses user dan menampilkan “Data yang Anda masukan belum lengkap, ulangi lagi”.
Sesuai harapan
477
Implementasi
Gambar 7. Halaman Profil Toko Astronomi dan Cara Beli
Gambar 8. Halaman Produk dan konfirmasi pengiriman produk
5. KESIMPULAN
Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan yaitu dengan adanya pengembangan sistem penjualan secara online diharapkan toko astronomi mampu memperkenalkan produk yang dijual dan memperluas area pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan kuantitas transaksi penjualan yang akan berdampak pada peningkatan kemajuan toko astronomi. Dan diharapkan toko astronomi dalam penggunaan sistem penjualan secara online mampu menghasilkan suatu informasi yang cepat dan akurat sehingga membantu dan memudahkan proses penjualan produk dan peningkatan layanan kepada pembeli.
Seminar Nasional Teknologi Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana, Jakarta 17 Juli 2019
478
Anthony, Andeka Rocky, Agustinus Fritz Wijaya. (2017). Analisis Dan Perancangan SIstem Informas Penjualan Berdasarkan Stok Gudang Berbasis Client Server (Studi Kasus Toko Grosir "Restu Anda). JTIIK, 136.
Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), 126–137.
Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, 175–183.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-CommerceDalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 95.
Mubarok, A., & Hadianti, S. (2016). Perancangan Program Transaksi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Web. Jurnal Informatika, III(1), 8.
Ningrum, D. P., & Kholil, I. (2015). Sistem Informasi Penjualan Dream Catcher Berbasis Web, (18).
Nurdin, A., & Darwati, I. (2017). Perancangan Web E-Commerce Pada Penjualan Jam Tangan. Teknik Komputer Amik Bsi, III(1), 74–79. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1345/1094